visitors

Flag Counter
BAIHAQI FUADI. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » PAPAN YANG CACAT

PAPAN YANG CACAT


Papan Beresiko Melengkung Lebih Besar

Membelah log menjadi beberapa bagian papan secara teknis pengerjaan lebih mudah dan lebih cepat. Dari segi kualitas sebenarnya cara pembelahan ini beresiko lebih tinggi menghasilkan limbah. Lembaran papan yang tidak tertata dengan baik di dalam Kiln Dry akan lebih banyak menyusut dan melengkung.

Oleh karena itu pada proses penggergajian kayu untuk papan sebaiknya dilakukan pemilihan lebih hati-hati. Untuk log yang berbentuk cenderung bundar akan lebih tahan terhadap gerakan penyusutan. Mengapa? Log silindris memiliki kekerasan dan kerapatan serat yang seimbang sehingga pada waktu pengeringan walaupun terjadi penyusutan akan tetapi tersebar hampir rata di seluruh permukaan kayu lembaran.
Metode pembelahan yang terbaik adalah metode quarter sawn. Ada keterbatasan akan lebar papan yang dihasilkan, tapi dengan melihat proses selanjutnya akan menghemat limbah dan meningkatkan kualitas kayu.

Banyak hal lain yang terjadi pada cacatan kayu, pada sebenar nya tidak bermasalah jika kita bisa gunakan keretifan kita terhadap kayu yang melengkung sebagai berikut :


0 komentar:

Posting Komentar