visitors

Flag Counter
BAIHAQI FUADI. Diberdayakan oleh Blogger.



Furniture Jepara dari Kayu Jati Yaitu Kayu dengan Kualitas Terbaik







lfj-206-cabinet-mawar-slider-ukir



Furniture Jepara dibuat dari kayu terbaik, sampai saat ini kayu yang terkenal dengan kualitas terbaik adalah Kayu Jati. Jati sendiri dikenal dunia dengan nama Teak ( Bahasa Inggris ) Nama ini berasal dari kata thekku dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis. Pohon Jati mempunyai Kayu bermutu tinggi untuk bahan Furniture Jepara, dengan batang pohon yang lurus dan dapat tumbuh mencapai 30 - 40 m. Dapat kita gambarkan bahwa pohon jati akan dapat menghasilkan bahan dasar untuk furniture jepara berkualitas.
Pohon besar dengan batang yang bulat lurus, tinggi total mencapai 40 m. Batang bebas cabang (clear bole) dapat mencapai 18-20 m.
Pohon jati dapat tumbuh meraksasa selama ratusan tahun dengan ketinggian 40-45 meter dan diameter 1,8-2,4 meter. Namun, pohon jati rata-rata mencapai ketinggian 9-11 meter, dengan diameter 0,9-1,5 meter.
Pohon jati yang dianggap baik adalah pohon yang bergaris lingkar besar, berbatang lurus, dan sedikit cabangnya. Kayu jati terbaik biasanya berasal dari pohon yang berumur lebih daripada 80 tahun.

Kayu Jati dengan Pengolahan yang baik menjadi bahan unggulan Furniture Jepara





kayu-jati-furniture-jepara



Kayu jati merupakan kayu kelas satu karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Secara teknis, kayu jati memiliki kelas kekuatan satu. Kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap. Maka kayu jati sangat terkenal dengan keawetan dan ketahanannya. Furniture Jepara berusaha menjaga kualitas dengan menggunakan kayu tersebut.
Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga disukai untuk membuat furniture dan ukir-ukiran. Kayu yang diampelas halus memiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Pola-pola lingkaran tahun pada kayu teras nampak jelas, sehingga menghasilkan gambaran yang indah.
Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadi mebel taman, mebel interior, kerajinan, panel, dan anak tangga yang berkelas.
Sekalipun relatif mudah diolah, jati terkenal sangat kuat dan awet, serta tidak mudah berubah bentuk oleh perubahan cuaca. Atas alasan itulah, kayu jati digunakan juga sebagai bahan dok pelabuhan, bantalan rel, jembatan, kapal niaga, dan kapal perang pada masa lalu.
Furniture Jepara menggunakan jati jawa. Tekstur jati jawa lebih halus dan kayunya lebih kuat dibandingkan jati dari daerah lain di negeri ini. Produk-produk ekspor yang disebut berbahan java teak (jati jawa, khususnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur) sangat terkenal dan diburu oleh para kolektor di luar negeri. Dengan dasar tersebut Furniture Jepara mengolah dan menggunakan bahan Kayu Jati sebagai bahan utama.

Furniture Jepara Awet dan Tahan Lama


Kualitas Bahan kayu Jati yang di gunakan Furniture Jepara membuat Mebel Jepara mempunyai kualitas yang baik serta awet. Sehingga anda tidak perlu ragu akan kualitas yang kami tawarkan melalui produk kami. Kayu Jati Jawa yang kami produksi dari kayu yang berkualitas baik dan tingkat kekeringan yang tinggi. Tentu anda akan mendapatkan produk berkualitas tinggi dari Furniture Jepara.

0 komentar:

Posting Komentar